Kabasarnas Resmikan Pos Siaga SAR Banyuwangi


Banyuwangi - Badan SAR Nasional (BASARNAS) meresmikan operasional Pos Siaga SAR Banyuwangi yang terletak di Pelabuhan LCM (Landing Craft Machine), Ketapang, sebagai upaya untuk meningkatkan kecepatan penanganan musibah yang terjadi di kabupaten Banyuwangi. Peresmian ini dilakukan oleh Kepala BASARNAS Marsekal Madya TNI F.H. Bambang Soelistyo, S.Sos., pada Rabu (22/6) pagi. {READMORE}

Kabasarnas mengatakan, sejak kejadian musibah tenggelamnya KMP Rafelia II yang menelan korban, kecepatan penanganan musibah yang terjadi di selat Bali merupakan faktor yang sangat penting. Namun Pos SAR yang terdekat dengan lokasi terletak di Jember. Otomatis, Pos SAR Jember membutuhkan waktu yang lama untuk merespon kejadian musibah di wilayah penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

Dengan adanya Pos Siaga SAR Banyuwangi ini, lanjut Kabasarnas, paling tidak respon penanganan musibah bisa lebih cepat. Maksimal waktu 30 menit sejak informasi adanya musibah diterima, penanganan sudah dilakukan.

Sejumlah sarana dan prasarana SAR disiagakan untuk mendukung operasional Pos Siaga SAR Banyuwangi ini, diantaranya truk, Rigit Inflatable Boat (RIB) atau kapal cepat, perahu karet dilengkapi mesin motor tempel, peralatan selam dan water rescue, peralatan vertical rescue, peralatan komunikasi dan peralatan navigasi.

Dalam operasionalnya, Pos Siaga SAR Banyuwangi dijalankan oleh delapan personel rescuer dan dengan komando dari Kantor SAR Surabaya. Selain itu, BASARNAS juga melibatkan komponen SAR yang lain, seperti unsur-unsur TNI dan POLRI, instansi Pemerintah Daerah serta potensi SAR atau relawan di kabupaten Banyuwangi.

Guna mengoptimalkan kerjasama, Kabasarnas mengatakan akan mengadakan pelatihan-pelatihan SAR dengan melibatkan komponen-komponen SAR tersebut. “Pelatihan menyamakan persepsi, pola fikir dan tindak penanganan  musibah operasi SAR ini dilakukan dengan rutin dan bertahap, sehingga saat terjadi bencana mereka sudah tidak canggung lagi,” imbuh Kabasarnas.  

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, merespon baik peresmian Pos Siaga SAR Banyuwangi. “Dengan berdirinya Pos Siaga SAR ini, BASARNAS bisa bersinergi dengan Pemkab Banyuwangi dalam hal penanganan bencana di Banyuwangi. Sehingga Banyuwangi ke depan, menjadi daerah yang aman dalam sisi penanganan bencana,” ujar Wabup.

Hadir dalam peresmian Pos Siaga SAR ini Deputi Bidang Potensi SAR BASARNAS, Direktur Sarana dan Prasarana BASARNAS, Kepala Pusat Data dan Informasi BASARNAS, Kepala Kantor SAR Surabaya dan para Kepala Kantor SAR Regional II serta sejumlah Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) kabupaten Banyuwangi. (Lib)  



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author