Jenazah Kapten dan Dua Cadet Deck KM Gerbang Samudera I Ditemukan


Surabaya – Jenazah satu orang Kapten dan dua orang Cadet Deck akhirnya ditemukan, pada Sabtu (8/12) pukul 11.40 WIB. Jenazah Kapten KM Gerbang Samudera I atas nama Soehaldani (46) ditemukan di ruangan Nahkoda, sedangkan dua jenazah dua orang Cadet Deck ditemukan di dalam satu ruangan yang sama.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Novix Heriyadi mengatakan, jenazah Kapten dan dua Cadet Deck akhirnya berhasil ditemukan setelah tim rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya menyisir bagian-bagian bangkai kapal selama sekitar tiga jam.

Pada saat ditemukan, kondisi jenazah Kapten dan dua orang Cadet Deck sudah tidak utuh. Oleh sebab itu, tim rescuer sangat berhati-hati pada saat mengevakuasi tiga jenazah tersebut. Apalagi mengingat kondisi lantai dan ruangan kapal yang sudah hangus dan rapuh paska kebakaran.

Seperti kondisi pada saat penyisiran pertama, kondisi suhu yang dirasakan tim rescuer Kantor SAR Surabaya di bangkai KM Gerbang Samudera I pada saat penyisiran kedua ini masih terasa panas terutama di bagian deck tiga dan lower deck yang biasa untuk tempat parkir kendaraan.

Selama proses penyisiran, tim rescuer menggunakan sejumlah peralatan pendukung, diantaranya peralatan SCBA seperti masker dan tabung oksigen khusus untuk membantu bernafas di dalam ruangan yang minim udara, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), serta peralatan ekstrikasi seperti rescue cutting portable.

“Proses evakuasi jenazah Kapten dan dua Cadet Deck dilakukan secara bertahap, dari bangkai KM Gerbang Samudera I diturunkan ke perahu sekoci dengan menggunakan tehnik descending. Setelah itu,ketiga jenazah ini dibawa ke KN SAR 225 Widura, dan kemudian dievakuasi ke Surabaya,” kata Novix.

Setelah semua personel tim rescuer Kantor SAR Surabaya kembali ke KN SAR 225 Widura, selanjutnya ketiga jenazah dibawa ke pelabuhan Tanjung Perak. Setelah sampai di Dermaga Distrik Navigasi, jenazah diserahkan ke tim DVI untuk diotopsi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya dan KN SAR 225 Widura, upaya pencarian dan evakuasi tiga ABK KM Gerbang Samudera I ini juga melibatkan peran sejumlah pihak, diantaranya Ditpolair Polda Jatim, DVI Polda Jatim, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, AGL, KN 329, TB GSS 01, Pan Marine X1 dan PHE Poleng Pertamina.

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Gerbang Samudera I yang sedianya berlayar dari pelabuhan Tanjung Perak menuju Banjarmasin terbakar saat berlayar di sekitar perairan laut pulau Karang Jamuang, tepatnya di koordinat 06° 35' S 112° 54' E.

Berdasarkan data dari Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, KM Gerbang Samudera I membawa sebanyak 130 orang ABK dan penumpang serta sejumlah kendaraan. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
9 December 9:09 WIB