Jefri Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal


Malang – Jefri (13) warga dusun Sonotengah RT 62 RW 13, Kebonagung, Pakishaji, kabupaten Malang, pada Rabu (13/7) pukul 09.40 WIB, ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal. Tim SAR gabungan menemukan jenazah korban pada koordinat 08° 0413,7"  S 112° 37 45,1" E dalam kondisi mengapung di sungai Brantas, Malang. {READMORE}

Koordinator lapangan tim rescuer Kantor SAR Surabaya, Ainul Makhdin mengatakan, tim SAR gabungan yang ikut bergerak melakukan pencarian korban, terdiri dari Kantor SAR Surabaya, Poslek Tajinan, BPBD dan PMI kabupaten Malang, MSR, SAR Mahameru, SAR Awangga, SAR Trenggana, PPMR, RJT, SAR Pakem, SAR Bima Raya dan SAR kabupaten Malang.

Para personel tim SAR gabungan terbagi dalam lima SRU. SRU pertama hingga SRU keempat melakukan penyisiran darat secara bergantian, mulai dari lokasi tenggelamnya korban menuju DAM Blobo, melewati daerah Getek, Pisang Candi dan Sukonolo. Sedangkan SRU kelima, melakukan penyisiran menggunakan perahu rafting, dimulai dari Karang Duren menuju DAM Blobo.

“Selama proses pencarian, tim SAR gabungan tidak melakukan upaya penyelaman karena kondisi arus sungai yang sangat deras. Selain itu, upaya penyelaman tidak akan maksimal jika kondisi air sungai keruh dan menyebabkan minimnya jarak pandang ketika berada didalam air,” uangkap Ainul.

Upaya tim SAR gabungan, lanjut Ainul, akhirnya membuahkan hasil pada hari kedua pencarian. Korban berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal, mengapung di permukaan sungai Brantas, desa Karang Duren. Lokasi ditemukannya korban berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi korban tenggelam.

Ainul menambahkan, setelah jenazah korban berhasil dievakuasi dari sungai Brantas, selanjutnya dibawa dengan menggunakan mobil ambulance menuju ke RST dr Soepraon, Sukun, Malang, guna dilakukan visum luar oleh petugas, sebelum diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Menurut informasi dari saksi mata, musibah yang dialami Jefri ini berawal ketika Ia dan dua orang temannya hendak mandi di sungai Brantas, pada Senin (11/7) pukul 15.00 WIB. Ketiganya melompat ke sungai dari atas DAM Bloboh. Tidak lama setelah melompat dari DAM, Jefri terbawa arus sungai Brantas.

Salah seorang temannya yang bisa berenang, berupaya menggapai Jefri untuk menolongnya. Namun upaya ini gagal karena derasnya arus sungai saat itu, sehingga Jefri hanyut terbawa aliran sungai dan tenggelam. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
14 July 10:00 WIB