Instruktur Pos BASARNAS Jember Latih Satmenwa UNEJ


Jember – Tim instruktur Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember melatih sebanyak 11 orang anggota baru Satmenwa (Satuan Resimen Mahasiswa) 807 UNEJ (Universitas Jember), pada Rabu (23/1).

Pelatihan dasar SAR yang berlokasi di area kantor Pos BASARNAS Jember ini, diberikan dalam pelaksanaan program Pembinaan Mental dan Jasmani (Bintaljas) dengan sasaran mereka mahasiswa UNEJ dari seluruh Fakultas yang baru saja bergabung menjadi anggota Satmenwa UNEJ.

"Seperti diketahui, Satmenwa merupakan organisasi mahasiswa yang berkegiatan di bidang semi militer. Oleh karena itu, pelatihan dasar SAR ini salah satunya ditujukan untuk membentuk sikap dan mental disiplin mereka," kata Asnawi Suroso, Koordinator Pos BASARNAS Jember.

Melalui pelatihan dasar SAR ini, lanjut Asnawi, Pos BASARNAS Jember berupaya untuk memberikan pembekalan materi SAR, baik secara teori maupun praktek kering. Hal ini dimaksudkan agar kelak jika dibutuhkan untuk bergabung dalam operasi SAR, mereka siap untuk berpartisipasi dan bekerjasama.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini, yaitu tehnik menolong korban kecelakaan di lokasi ketinggian atau dikenal dengan istilah High Angle Rescue Technique (HART) dan materi tentang pertolongan medis pertama terhadap korban kecelakaan atau dikenal dengan istilah Medical First Responder (MFR).

Selama pelatihan berlangsung, para peserta tampak serius dan bersemangat dalam mempelajari materi yang diberikan oleh tim instruktur. Sebab mereka sadar bahwa materi ini tentu sangat berguna di kemudian hari untuk menolong saudara ataupun teman yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan bantuan. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel .
Pengunggah : surabaya
23 January 13:24 WIB