Ilham Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal di Pantai Pancer


Jember – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Ilham (21) korban tenggelam di perairan pantai Pancer, kecamatan Puger Selatan, kabupaten Jember, pada Minggu (5/5) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Ilham ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal, jenazahnya menga-pung di perairan pantai Pancer, tepatnya terletak di koordinat 8° 27' 07.04" S113° 29' 25,03" E," ungkap Asnawi Suroso, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember.

Selanjutnya setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, lanjut Asnawi, sesuai dengan rencana operasi, maka jenazah Ilham dibawa ke Puskesmas Puger untuk proses lebih lanjut sebelum diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah berupaya dengan mengerahkan satu SRU laut dan dua SRU darat dengan sejumlah peralatan SAR pendukungnya berupaya melakukan penyisiran yang dimulai dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan).

SRU laut berupaya semaksimal mungkin dalam upaya pencarian korban, meskipun harus menghadapi kendala berupa kondisi cuaca laut selatan yang tidak bersahabat, seperti ombak yang tinggi dan angin laut yang bertiup kencang.

Dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK, SRU laut memulai penyisiran dari perairan pantai Nyamplong Kobong menyusuri sepanjang pinggiran perairan pantai hingga sampai di pantai Pancer.

Di saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan dua SRU darat dengan tugas melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Pancer dan pantai Jedugan. Penyisiran ini dilakukan dengan menggunakan motor trail dan jalan kaki.

Selain melakukan penyisiran pantai, SRU darat juga menyebarluaskan informasi tentang kejadian kecelakaan ini kepada para warga dan juga nelayan yang beraktivitas di sepanjang pantai Pancer dan Jedugan.

Penyebarluasan informasi ini bertujuan agar jika ada yang melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan mereka segera melaporkannya kepada petugas. Hal ini tentu dapat mempermudah upaya tim SAR gabungan dalam menemukan korban.

Sejumlah unsur SAR terlibat dalam upaya pencarian korban, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, Pos TNI AL Puger, Polair Puger, Polsek Puger, BPBD kabupaten Jember, BPBD kabupaten Lumajang, SAR OPA Jember, PMI Jember, Komunitas Trail Brandal Alas, OPA Dias Lumajang, Pintu Merah, RAPI Jember dan nelayan sekitar. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
5 May 16:10 WIB