Idham, ABK TB Pancaran 611AKhirnya Ditemukan


Sidoarjo – Idham (36) seorang ABK TB (Tug Boat) Pancaraan 611 asal Sulawesi Selatan, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal, pada Jum’at (22/2) sekitar pukul 06.10 WIB. Jenazah korban ditemukan dalam kondisi mengapung dan diketahui pertama kali oleh nelayan sekitar.

Nahkoda KN SAR 225 Widura, Yudhi Setiawan mengatakan, setelah mendapatkan informasi penemuan jenazah dari Satpolair Gresik melalui saluran radio, tim KN SAR 225 bersama unsur SAR lainnya bergerak ke lokasi untuk melakukan pengecekan kebenaran informasi tersebut.

Setelah jenazah korban dievakuasi dari lokasi penemuan yang berada di sekitar buoy 26 alur Kamal, atau tepatnya pada koordinat 7°10' 55" S 112 ° 43' 40", selanjutnya jenazah korban dibawa melalui Dermaga Navigasi menuju ke RS Bunder Gresik untuk dilakukan ototpsi oleh petugas DVI Polda Jatim.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah merahkan personel dan juga Alut (Peralatan Utama), diantaranya KN 371, Speed Boat, Sekoci, Perahu Karet, perahu nelayan, peralatan selam dan sejumlah peralatan pendukung lainnya.

Selain tim penyelam Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya dan KN SAR 225 Widura, upaya pencarian dan evakuasi korban ini juga melibatkan peran serta pihak lain, seperti Ditpolair Polda Jatim, Satpolair Gresik, KPLP Gresik, Syahbandar Gresik, VTS, RS Bunder dan nelayan sekitar.

Saat proses pencarian dilakukan, tim SAR gabungan sempat menghadpai beberapa kendlaa, diantaranya kencangnya arus laut, kondisi air yang keruh di sekitar area pencarian, serta banyaknya tonggak dan jaring milik nelayan sekitar.

Berdasarkan informasi dari ABK TB Pancaran 611 yang lain, kejadian yang menimpa korban berawal pada saat olah gerak TB Pancaran 611 untuk menarik tongkang di perairan Gresik, pada Rabu (20/2) sekitar pukul 14.10 WIB.

Saat TB Pancaran 611 melakukan hibob jangkar satu, korban yang sedang berada di bagian haluan tiba-tiba terpeleset dan jatuh ke laut. Rekan-rekan korban sempat melakukan upaya pencarian, namun belum berhasil. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
22 February 15:15 WIB