Hasan, Wisatawan yang Tenggelam di Pantai Payangan Akhirnya Ditemukan


Jember – Mohammad Hasan (23), seorang wisatawan asal Jombang yang tenggelam di perairan laut pantai Payangan, kecamatan Ambulu, kabupaten Jember, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal, pada Selasa (12/1) pukul 14.45 WIB.

"Salah satu SRU laut yang dikerahkan pertama kali mengetahui ada satu jenazah yang mengapung di laut di dekat bukit Seroja, yang berjarak sekitar satu mil laut arah timur TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan)," kata Asnawi Suroso, Koordinator Pos BASARNAS Jember.

Pos SAR Jember1.jpg

Asnawi menambahkan, sekitar pukul 15.00 WIB, jenazah yang kemudian diidentifikasi atas nama Hasan ini dievakuasi menuju posko SAR dengan menggunakan perahu jukung milik BASARNAS.

Selang 30 menit kemudian, jenazah Hasan dibawa oleh tim SAR gabungan menuju ke Puskesmas Sabrang untuk dilakukan visum oleh petugas. Setelah itu, jenazah Hasan diserahkan kepada pihak keluarga atau yang mewakili untuk dimakamkan di Jombang.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU laut dans atu SRU darat dalam upaya untuk menemukan keberadaan korban. SRU laut pertama, melakukan penyisiran dari TKK menuju ke arah barat dengan menempuh jarak sekitar 10 mil laut hingga sampai ke wilayah pantai Malikan.

Pos SAR Jember1.jpg

SRU laut yang kedua, melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu jukung dari TKK ke arah timur dengan menempuh jarak sekitar 10 mil laut hingga sampai ke wilayah pantai Nanggelan.

"Meskipun menghadapi tantangan kondisi laut selatan yang tidak bersahabat, seperti arus laut yang kencang, tingginya ombak dan kencangnya angin laut, para personel tim SAR gabungan tetap bersemangat untuk melakukan upaya pencarian korban dengan seoptimal mungkin," ujar Asnawi.

Sementara itu, SRU darat melakukan penyisiran dengan menggunakan motor trail yang dimulai dari pesisir pantai Payangan ke arah timur dengan menempuh jarak sekitar 10 mil hingga sampai ke pesisir pantai Canga'an.

Selain tim operasi Pos BASARNAS Jember, upaya pencarian Hasan ini juga melibat-kan peran aktif dari beberapa unsur SAR, diantaranya BPBD kabupaten Jember, BPBD kabupaten Jombang, Polsek Ambulu, Koramil Ambulu, SAR OPA Jember, SAR Rimba Laut, Brandal Alas Trail Adventure dan nelayan setempat.

Seperti diketahui, Hasan adalah satu-satunya korban tenggelam di pantai Payangan yang belum ditemukan. Satu orang korban atas nama Yannik Susanty (34) berhasil diselamat-kan dalam kondisi hidup. Sedangkan dua orang korban lainnya, Zakiyah (30) dan Yudha Mahardika (34) ditemukan dalam kondisi meninggal.

Berdasarkan informasi dari saksi mata, kejadian yang dialami korban dan tiga orang temannya ini berawal saat mereka dan rombongan guru BK (Bimbingan Konseling) asal kabupaten Jombang, berwisata di pantai Payangan, pada Minggu (10/2).

Sekitar pukul 14.30 WIB keempat korban yang tengah bermain air di tepi pantai, terseret ombak dan terbawa ke laut. Yanik berhasil diselamatkan oleh nelayan dan potensi SAR Rimba laut dalam kondisi hidup. Zakiyah dan Yudha ditemukan dan dievakuasi oleh nelayan dalam kondisi meninggal. Sementara itu, Hasan belum ditemukan hingga saat ini. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Febrilina
12 February 22:36 WIB