Hasan Ditemukan di Perairan Hutan Mangrove Pragaan


Sumenep – Hasan (60) warga desa Prenduan ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal di perairan hutan mangrove di pesisir pantai Pragaan, kabupaten Sumenep, pada Selasa (14/5) sekitar pukul 11.45 WIB.

"Penemuan Hasan ini berkat informasi yang diberikan oleh nelayan Pakamban Laok yang melihat ada sesosok mayat di pesisir pantai Pragaan, tepatnya di koordinat 07° 07' 40.0"S - 113° 39' 05.5" E," ujar Farid Kurniadi, Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya.

Farid menambahkan, tim SAR gabungan tidak menemui kendala saat berupaya mengevakuasi jenazah Hasan. Setelah dibawa ke Posko dan dipastikan oleh pihak keluarga, selanjutnya jenazah Hasan dibawa ke RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep untuk proses lebih lanjut sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam upaya menemukan keberadaan Hasan, tim SAR gabungan telah mengerahkan tiga SRU (Search and Rescue Unit) laut dan satu SRU darat. Tiga SRU laut melakukan pencarian di area yang sudah dipetakan berdasarkan SAR Map dengan menggunakan perahu karet dan perahu nelayan.

Ada tiga area yang disisir oleh SRU laut, yaitu dari Dermaga Prenduan ke arah timur dengan jarak tempuh sekitar satu mil laut, dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) menuju ke dermaga Prenduan, serta dari dari TKK ke arah barat dengan jarak tempuh sekitar satu mil laut.

Pada saat yang bersamaan, SRU darat melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Pragaan. SRU darat menyebarluaskan informasi tentang hilangnya Hasan kepada para warga dan nelayan yang beraltivitas di sekitar pantai.

Penyebarluasan informasi kejadian ini bertujuan agar apabila warga atau nelayan yang melihat keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas yang sedang melakukan pencarian.

Sejumlah pihak terlibat dalam upaya pencarian Hasan, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, Polsek Prenduan, KORAMIL Prenduan, BPBD kabupaten Sumenep dan nelayan sekitar.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh dari petugas Polsek Prenduan, kronologi kejadian yang dialami Hasan ini berawal saat Ia mencari ikan di sekitar perairan pantai Pragaan, pada Sabtu (11/5). Biasanya korban pulang pada pukul 17.00 WIB, namun hingga malam korban belum pulang ke rumah. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
14 May 15:05 WIB