Hanan Ditemukan Meninggal di Coban Talun


Malang – Hanan (9), satu dari tiga orang murid SD Insan Mulia yang sebelumnya dilaporkan tenggelam di kolam air terjun Coban Talun, kota Batu, akhirnya berhasil ditemukan tim SAR gabungan, pada Rabu (12/12) sekitar pukul 02.30 WIB, dalam kondisi meninggal.

Hanan adalah korban ketiga atau korban terakhir yang ditemukan tim SAR gabungan. Setelah berhasil dievakuasi dari kolam air terjun, selanjutnya jenazahnya dibawa ke rumah sakit Hasah Brata kota Batu untuk dilakukan penanganan lebih lanjut oleh petugas.

Adapun identitas ketiga orang murid SD Insan Mulia yang menjadi korban ini diketahui atas nama Najwa (9), Taskiya (9) dan Hanan (9). Ketiganya beralamat di daerah Coban Talun, kota Batu.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Andi Pamuji mengatakan tim SAR gabungan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) untuk mencari ketiga murid SD Insan Mulia yang tenggelam.

SRU pertama melakukan penyelaman di sekitar TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan), meski di tengah kendala berupa jarak pandang yang terbatas dan kondisi kolam air terjun yang cukup berarus.

Sementara itu SRU kedua, lanjut Andi, melakukan upaya pencarian korban secara manual dengan menggunakan tongkat kait. Metodenya, yaitu mencari di celah-celah air yang terdapat di sekitar kolam air terjun.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, upaya pencarian korban ini juga melibatkan peran serta beberapa pihak, seperti BPBD kota Batu, PMK, Polsek Bumiaji, Koramil Bumiaji, petugas wisata Coban Talun, SAR Samudra,PMI dan MSR.

Berdasarkan informasi dari saksi mata, kejadian yang menimpa tiga orang murid SD Insan Mulia ini bermula saat mereka bermain air di sekitar kolam air terjun Coban Talun saat berwisata dengan rombongan SD-nya.

Saat sedang asyik bermain, tiba-tiba debit air terjun bertambah. Diduga karena panik, ketiga anak ini terpeleset kemudian jatuh ke kolam air terjun hingga akhirnya tenggelam dan ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
12 December 9:10 WIB