Galuh Dievakuasi Dari Dasar Tebing Pantai Sanggar


Tulungagung – Galuh Sasongko (20) berhasil dievakuasi tim rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek dari dasar tebing pantai Sanggar, kabupaten Tulungagung, pada Kamis (28/3) sekita pukul 11.00 WIB. Galuh dievakuasi dalam kondisi selamat dari dasar tebing dengan ketinggian sekitar 25 meter.

Koordinator Pos SAR Trenggalek, Brian Gautama mengatakan, proses evakuasi Galuh berjalan cukup menegangkan. Di tengah hembusan angin laut yang cukup kencang dua orang rescuer Pos SAR Trenggalek diturunkan dengan menggunakan tehnik lowering untuk menjangkau Galuh.

Setelah berhasil menjangkau Galuh, dua orang rescuer tersebut merawat luka yang dialami wisatawan asal dusun Bago, kecamatan Tulungagung ini. Dengan sangat berhati-hati, Galuh dievakuasi naik ke atas tebing dengan tehnik lifting. Selama proses evakuasi ini, Galuh dilengkapi dengan APD (Alat Pelindung Diri), diantaranya helm dan full body hearnest.

"Sesampainya di atas tebing, tim medis kembali memberikan perawatan medis pada luka Galuh. Selanjutnya, Ia diserahkan kepada pihak keluarga untuk dibawa pulang," ungkap Brian.

Keberhasilan evakuasi Galuh dalam kondisi selamat ini juga berkat dukungan pihak lainnya, diantaranya BPBD kabupaten Tulungagung, Polsek dan Koramil Tanggung Gunung, Pokdarwis, Pokwasmas, RAPI dan warga sekitar.

Keberhasilan tersebut juga berkat sejumlah peralatan SAR pendukung, diantaranya peralatan moutainering (seperti full body hearanest, cabiner, figure of eight dan tali kern mantel), APD (seperti helm, sarung tangan), peralatan medis, Handy Talky dan sejumlah peralatan pendukung lainnya.

Adapun kendala yang dihadapi tim SAR gabungan saat mengevakuasi Galuh, dian-taranya terjalnya jalur menuju titik evakuasi, jurang yang cukup curam, dan susalnya sinyal selular untuk berkomunikasi. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
28 March 12:05 WIB