Faiqus Syamsi yang Hilang di Gunung Arjuno Akhirnya Ditemukan


Pasuruan – Faiqus Syamsi (17), seorang pelajar SMKN 5 Surabaya yang hilang akhir tahun 2018 di jalur pendakian gunung Arjuno, pada Kamis (4/4) siang, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dengan kondisi yang memperihatinkan. Jenazah Faiqus ditemukan di lokasi yang berada tidak jauh dari area saat pertama kali dilaporkan hilang.

Koordinator rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya selaku OSC (On Scene Commander), Farid Kurniadi mengatakan, penemuan jenazah Faiqus ini berawal dari laporan bahwa ada pendaki yang menemukan jenazah manusia dengan kondisi yang memprihatinkan di sekitar jalur pendakian gunung Arjuno.

Saat tim SAR gabungan melakukan pengecekan di lokasi seperti yang dimaksudkan oleh pelapor, ditemukan beberapa barang di sekitar jenazah, diantaranya celana, celana dalam dan gesper. Barang-barang inilah yang kemudian menguatkan hasil identifikasi tim DVI Polda Jatim bahwa jenazah tersebut adalah Faiqus.

Identifikasi ini dilakukan begitu jenazah tiba di Posko SAR yang berlokasi di area Pos Perijinan Pendakian di Tretes. Proses identifikasi ini disaksikan pihak keluarga dan tim SAR gabungan. Seusai proses identifikasi, jenazah dibawa ke rumah sakit Bhayangkara Porong untuk dilakukan perawatan lebh lanjut sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.

Proses pencarian dan evakuasi jenazah Faiqus ini melibatkan peran sejumlah pihak, diantaranya Kantor SAR Surabaya, Tahura R Soeryo, Tim DVI Polda Jatim, Polsek Prigen, Koramil Prigen, SAR Surabaya, Yepe, SAR Penanggungan, Komunitas Jeep Welirang, USSAR Pasuruan dan satuan kerja Pemkot Surabaya.

Farid menambahkan, selama proses pencarian dan evakuasi berlangsung, kondisi cuaca hujan lebat di siang hari. Seluruh personel tim SAR gabungan pun sangat berhati-hati saat melakukan pencarian dan evakuasi. Hal ini disebabkan kondisi jalur yang dilewati menjadi licin dan kondisi sekitar berkabut setelah hujan. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
6 April 9:05 WIB