Empat Korban Tanah Longsor di Pacitan Berhasil Ditemukan


Pacitan – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan empat orang korban bencana tanah longsor di dusun Jambu, desa Sidomulyo, kecamatan Kebonagung, kabupaten Pacitan, pada Sabtu (8/12). Keempat korban ditemukan meninggal di dalam satu rumah yang letaknya di bawah perbukitan, tepatnya berada di koordinat 8° 14' 4.58" S 111° 11' 3.94" E.

Setelah dievakuasi dari lokasi longsor, jenazah keempat korban yang diketahui atas nama Misgiman (62) sang pemilik rumah, Sogirah (46), Bogiyem (72) dan Katminem (58), selanjutnya dibawa ke Puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut oleh Petugas yang berwenang.

Menurut penuturan Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Brian Gautama, material longsor yang menimbun rumah korban cukup tebal. Sehingga untuk membantu dan memudahkan proses pencarian korban, tim SAR gabungan menggunakan peralatan berat berupa excavator.

Upaya pencarian dan evakuasi empat korban tanah longsor ini melibatkan peran serta sejumlah pihak, diantaranya tim Pos SAR Trenggalek, unsur TNI dan POLRI di kabupaten Pacitan, BPBD kabupaten Pacitan, TAGANA, SAR MTA Pacitan, RAPI dan ORARI Pacitan, serta warga sekitar.

Menurut keterangan dari warga sekitar rumah Misgiman, sebelum longsor ini terjadi pada Jum’at (7/12) sekitar pukul 21.00 WIB, sempat turun hujan deras cukup lama. Diduga akibat tanah perbukitan di sekitar lokasi kejadian yang tidak mampu menahan air hujan, maka terjadi rekahan tanah yang kemudian memicu terjadinya longsor. (Lib)



Kategori Bencana .
Pengunggah : surabaya
9 December 10:15 WIB