Direktur Operasi BASARNAS Paparkan Rencana Siaga SAR Angkutan Lebaran di Jatim


Surabaya - Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Brigjen TNI (Mar) Budi Purnomo, S.I.P., M.Agr., memaparkan rencana Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2019 di hadapan tim Komisi V DPR RI saat melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur, pada Kamis (24/5).

"Dalam pelaksanaan Siaga di Jawa Timur, selain Siaga di Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR), Pos SAR Trenggalek, Pos SAR Jember dan Unit Siaga SAR Banyuwangi, BASARNAS juga akan mengerahkan tim rescuer untuk melakukan patroli di ruas jalan tol yang ada di Jawa Timur," ungkap Budi.

BASARNAS juga menyiagakan tim rescuer di 12 titik posko yang tersebar di Jawa Timur, seperti di Terminal 1 dan 2 Bandara Internasional Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak, Jalur hutan Baluran, Rest area tol Saradan Madiun dan Rest area tol Jombang.

Budi menambahkan, guna mendukung Siaga SAR khusus ini, BASARNAS telah menyiagakan sejumlah Alut (Peralatan Utama) SAR darat, diantaranya Rescue Truck yang berisikan sejumlah peralatan SAR; Alut SAR laut, seperti KN (Kapal Negara) SAR 225 Widura dan KN SAR Srikandi.

BASARNAS juga menyiagakan satu unit helikopter di Lanudal Juanda yang nantinya akan digunakan untuk melakukan evakuasi udara terhadap korban kecelakaan dengan luka berat apabila tim darat tidak dapat melakukan evakuasi medis karena kondisi macetnya lalu-lintas.

"Untuk itu, BASARNAS melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya telah memetakan lokasi rumah sakit di Jawa Timur yang memiliki fasilitas helipad atau tempat pendaratan helikopter, seperti RSAL dr Ramelan Surabaya," ujar Budi.

Pemaparan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran 2019 ini mendapatkan respon positif dari tim Komisi V DPR RI. Bahkan, salah satu anggota tim akan melakukan tinjauan lapangan ke lokasi posko Siaga SAR pada masa Angkutan Lebaran nanti.

Sementara itu, kunjungan kerja tim Komisi V DPR RI yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah ini tidak hanya dimaksudkan untuk meninjau kesiapan insfrastruktur penunjang angkutan Lebaran 2019 di Jawa Timur, tapi juga meninjau kesiapan SDM dan sarana penunjangnya.

Adapun insfrastruktur angkutan jalan yang ditinjau rombongan Komisi V DPR RI, yaitu ruas jalan tol Pandaan Pasuruan menuju ke Singosari Malang, yang beberapa waktu yang lalu telah diresmikan operasional-nya oleh Presiden Joko Widodo. (Nov)

WhatsApp Image 2019-05-27 at 14.04.53.jpeg



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : ketty rosa
24 May 14:00 WIB