Delegasi Kantor SAR Surabaya Ikuti Diklat Teknis SRC PB


Batu – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mengirimkan delegasi untuk mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis SRC-PB (Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) Wilayah Timur, pada Selasa (27/11) yang bertempat di kota Batu.

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso selaku delegasi dari Kantor SAR Surabaya mengatakan, Diklat Teknis SRC-PB Wilayah Timur ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme personel SRC-PB, baik secara teknis maupun taktis.

Peningkatan profesionalisme tersebut, lanjut Asnawi, sebagai upaya dalam mengantisipasi potensi terjadinya bencana alam serta pelaksanaan operasi kemanusiaan dalam masa tanggap darurat bencana.

Sementara itu yang ingin disasar BNPB selaku pihak penyelenggara Diklat Teknis ini adalah agar timbul pemahaman dari personel SRC PB Wilayah Timur dan mampu mengaplikasikan peranannya dalam operasi penanggulangan bencana.

Diklat Teknis ini dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu Pembekalan Materi dan Table Top Exercise atau Simulasi. Dalam sesi pembekalan materi, para peserta Diklat menerima sejumlah materi, yaitu Konsep dan SOP SRC-PB Wilayah Timur; Manajemen masa tanggap darurat bencana; Kepemimpinan dalam masa tanggap darurat bencana; serta Sistem komando dalam masa tanggap darurat bencana.

Sementara itu dalam sesi table top exercise, para peserta berlatih melakukan lima tahap. Tahap pertama, menerima informasi peringatan dini terjadinya bencana alam, Tahap kedua, menerima informasi perkembangan situasi bencana alam.

Tahap ketiga, perencanaan jumlah dan komposisi personel yang akan dikirim ke lokasi bencana, Tahap keempat, mobilisasi personel ke lokasi bencana. Tahap kelima, pembatalan misi jika di lokasi tidak membutuhkan peran SRC PB. (Lib)



Kategori Berita Kansar .
Pengunggah : surabaya
27 November 11:51 WIB