Choirul DItemukan Meninggal di Sungai Prambon


Sidoarjo – Choirul (38) seorang pencari ikan asal desa Gampang, ditemukan dalam kondisi meninggal di sungai desa Prambon, kabupaten Sidoarjo, pada Selasa (18/12) sekitar pukul 17.29 WIB.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Novix Heriyadi mengatakan, tim SAR gabungan menemukan jenazahnya di sekitar TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan), tepatnya berada pada koordinat 7° 28' 29.5"S 112° 33' 44.4" E.

Upaya evakuasi jenazah korban pun dilakukan dengan sangat hati-hati. Selanjutnya, jenazah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Sebelumnya, tim SAR gabungan yang terdiri dari tim Kantor SAR Surabaya, Polsek dan Koramil Prambon, BPBD Sidoarjo, TAGANA, AGL, SEMAR, Welirang Rescue, Birunya Cinta dan warga sekitar telah berupaya mencari korban.

Upaya pencarian korban ini dilakukan dengan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU pertama, melakukan penyapuan sejajar, dimana beberapa orang personel berbaris di selebar sungai, kemudian berjalan melakukan penyisiran.

“Faktor keamanan dan keselamatan personel yang melakukan penyapuan berjajar ini sangat utama. Karenanya, mereka harus memakai jaket pelampung dan ada tali pengaman sebagai pegangan yang dibentang selebar sungai,” kata Novix.

Setelah penyapuan dilakukan, lanjut Novix, upaya pencarian korban dilanjutkan SRU kedua dengan melakukan penyisiran di sungai dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) bertenaga 25 PK.

Dalam proses penyisiran ini, SRU kedua melakukan manuver perahu beberapa kali. Manuver perahu adalah gerakan laju perahu secara zig-zag atau memutar-mutar. Tujuannya adalah untuk menciptakan gelombang air yang besar.

Manuver ini dilakukan dengan tujuan agar korban yang diduga berada di dasar sungai bisa terangkat ke permukaan.

Selama proses pencarian korban berlangsung, kondisi cuaca di lokasi cukup cerah. Namun, tim SAR gabungan sempat menghadapi kendala, seperti arus sungai yang deras dan banyaknya tonggak di sekitar lokasi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari petugas Polsek Prambon, kejadian yang dialami Choirul ini berawal saat Ia pergi mencari ikan di sungai yang tidak jauh dari rumahnya, pada Senin (17/12) malam. Diduga korban jatuh dan kemudian tenggelam di sungai karena terpeleset, hingga akhirnya ditemukan tim SAR. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
18 December 20:16 WIB