Basarnas Sosialisikan Pentingnya Keselamatan di Perairan


Jember – Tim Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember mensosialisasikan pentingnya menjaga keselamatan diri saat beraktivitas di lingkungan perairan, mulai dari perairan danau, sungai hingga laut.

Sosialisasi keselamatan ini digiatkan tim Pos BASARNAS Jember dalam pagelaran Festival Bedadung tahun 2018, pada Minggu (23/12), yang bertempat di lapangan SDN Tegalgede, kabupaten Jember.

“Selain tentang keselamatan beraktivitas di perairan, tim Pos BASARNAS Jember juga memanfaatkan Festival Bedadung 2018 sebagai media untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi BASARNAS kepada jajaran Forkopimda dan warga Jember,” ungkap Asnawi Suroso, Koordinator Pos BASARNAS Jember.

Sosialisasi ini diwujudkan oleh Tim Pos BASARNAS Jember dengan memamerkan sejumlah peralatan SAR yang biasa digunakan untuk pertolongan korban kecelakaan di perairan, diantaranya peralatan selam dan peralatan evakuasi (seperti tandu).

Warga kabupaten Jember yang hadir di festival Bedadung 2018 ini tampak antusias saat mengunjungi booth pameran Pos BASARNAS Jember. Hal ini bisa dilihat dari saat mereka bertanya tentang seputar peralatan SAR yang dipamerkan.

“Rasa antusias tidak hanya datang dari warga Jember, bahkan Bupati Jember pun berkenan berkunjung ke booth pameran Pos BASARNAS Jember untuk bertanya-tanya tentang kegiatan BASARNAS hingga berfoto bersama,” tambah Asnawi.

Dalam kesempatan itu juga, tim Pos BASARNAS Jember membagikan sejumlah buku SAR Goes to School kepada beberapa pengunjung booth pameran. Buku ini berisikan materi tentang sosialisasi BASARNAS serta langkah-langkah untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana alam, seperti gempa bumi, longsor dan banjir.

Sementara itu dalam Festival Bedadung 2018 ini, ada sejumlah kegiatan menarik yang diadakan, seperti Penyusuran sungai Bedadung, Lomba memancing dan aneka pagelaran kesenian khas kabupaten Jember. (Lib)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : surabaya
24 December 2:05 WIB