BASARNAS Kerahkan Kapal Cari Seorang Nelayan Tenggelam


Pasuruan – Pasuruan – KN (Kapal Negara) SAR 225 dikerahkan BASARNAS Kantor SAR Surabaya untuk membantu tim SAR gabungan dalam melakukan upaya pencarian terhadap Fadulah (30) yang dilaporkan telah tenggelam di perairan laut selat Madura, sebelah utara Kraton kota Pasuruan, pada Rabu (25/5). {READMORE}

Kepala Seksi (Kasi) Operasi Kantor SAR Surabaya, Toto Mulyono, S.E. mengatakan, tim rescuer Kantor SAR Surabaya bersama unsur SAR gabungan dari Satpolair Pasuruan, BPBD kota Pasuruan dan nelayan setempat, melakukan upaya pencarian dengan menggunakan perahu karet, dimulai dari lokasi tenggelamnya korban.

Tim rescuer Kantor SAR Surabaya dan unsur SAR gabungan berupaya melakukan pencarian sejak korban dilaporkan tenggelam. Namun upaya pencarian korban dengan menggunakan perahu karet dirasa kurang maksimal saat harus menghadapi kendala berupa kencangnya arus dan angin di perairan laut selat Madura.

“Karena pencarian dengan menggunakan perahu karet dinilai kurang maksimal, maka atas pertimbangan kondisi ini, Kantor SAR Surabaya mengerahkan satu unit KN SAR 225 beserta tim rescuer untuk melakukan pencarian di perairan laut kota Pasuruan, lokasi musibah tenggelamnya korban,” ujar Toto.

Setelah melakukan upaya pencarian selama tiga hari, lanjut Toto, akhirnya tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dalam kondisi meninggal, pada Kamis (28/5) sekitar pukul 05.10 WIB. Saat ditemukan, kondisi jenazah korban sudah mengembung dan mengeluarkan bau tidak sedap karena sudah tiga hari tenggelam di laut.

Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya tim SAR gabungan membawa jenazah korban menuju ke RSUD Soedarsono kota Pasuruan guna dilakukan visum luar oleh petugas. Setelah proses visum selesai, jenazah korban kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author