BASARNAS Jember Kenalkan SAR Kepada 660 Murid SMK PGRI 03


Jember – Tim instruktur BASARNAS Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember melaku-kan sosialisasi SAR kepada 660 orang murid SMK PGRI 03 Tanggul, kabupaten Jember, pada Jum’at (26/4) pagi.

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso mengatakan, sosialisasi di SMK PGRI ini merupakan upaya BASARNAS untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang keberadaan SAR.

Kegiatan sosialisasi SAR ini, lanjut Asnawi, juga menjadi kesempatan bagi para murid SMK PGRI 03 Jember untuk mengenal lebih jauh pekerjaan tim SAR yang banyak membantu warga yang menjadi korban musibah atau bencana.

Dalam sosialisasi ini, selain menerima materi SAR, tim instruktur Pos SAR Jember juga memberikan pemahamahan tentang jenis-jenis bencana alam, tanda-tanda bencana alam dan bagaimana sikap kita saat bencana itu terjadi.

Selanjutnya saat praktek lapangan, para murid SMK PGRI 03 Jember dilatih untuk mempraktekkan tehnik memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak bencana gempa bumi, mulai dari membidai bagian tubuh yang terluka dan melakukan evakuasi ke temat yang lebih aman.

“Dalam kesempatan praktek lapangan, para murid SMK PGRI 03 Jember juga dilatih cara memadamkan kobaran api dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan karung goni basah,” ungkap Asnawi.

Guna melengkapi pengetahuan yang diberikan, tim instruktur Pos SAR Jember memberikan sejumlah buku SAR Goes to School untuk tingkat SMA/ SMK kepada guru SMK PGRI 03 Jember.

Buku SAR Goes to School ini berisi pengetahuan tentang jenis bencana alam, diantaranya gempa bumi, banjir, gunung meletus dan tanah longsor, serta langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri ketika bencana itu terjadi, misalnya tehnik berlindung saat terjadi gempa bumi.

Melihat para murid SMK PGRI 03 Jember yang begitu antusias saat mengikuti kegiatan kunjungan belajar ini, tim Pos SAR Jember pun juga semangat memberikan ilmu tentang SAR sejak dini kepada mereka. Harapannya, semoga kelak mereka memiliki keinginan untuk belajar SAR secara lebih mendalam. (Lib)



Kategori Berita Kansar .
Pengunggah : surabaya
26 April 17:02 WIB