Bantuan SAR Disiagakan Hadapi Masa Angkutan Lebaran


Surabaya – Kantor SAR Surabaya menyiagakan bantuan SAR dalam menghadapi masa arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah. Bantuan yang disiagakan, meliputi tim penolong (rescuer), bantuan MFR (Medical First Responder) dan bantuan SAR lainnya. {READMORE}

Kepala Kantor SAR Surabaya, Mochamad Arifin, S.A.N. mengatakan, sebanyak 134 personel Kantor SAR Surabaya yang didukung peralatan SAR, disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya musibah saat masa angkutan Lebaran tahun 2016. Mereka disiagakan di pusat-pusat transportasi massa di Jawa Timur, seperti bandar udara, terminal, stasiun kereta api dan pelabuhan laut.

Selain itu, personel Kantor SAR Surabaya juga melaksanakan patroli siaga di beberapa jalur mudik di Jawa Timur, seperti meliputi Jember - Lumajang, Surabaya - Malang, Trenggalek - Pacitan, Surabaya - Jombang, Trenggalek - Madiun, Jember - Banyuwangi, Surabaya - Probolinggo, Trenggalek - Blitar, Surabaya - Tuban, dan Trenggalek - Kertosono.

Para personel Kantor SAR Surabaya, lanjut Arifin, yang terbagi dalam beberapa tim dikerahkan untuk melaksanakan siaga SAR selama 16 hari, mulai tanggal 29 Juni hingga 16 Juli 2016. Selama melaksanakan siaga SAR, mereka berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan pihak lain yang terkait, guna memantau kondisi arus mudik dan arus balik.

" Kantor SAR Surabaya juga mengerahkan KN (Kapal Negara) SAR 225 untuk melaksanakan siaga SAR di alur pelayaran barat dan alur pelayaran timur Surabaya, serta satu unit Sea Rider untuk melaksanakan siaga SAR di perairan Selat Bali," ujar Arifin saat mendampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI di Surabaya, pada Kamis (23/6).

Seperti diketahui, alur pelayaran Surabaya dan perairan selat Bali sangat ramai dilalui kapal-kapal yang keluar masuk pelabuhan Tanjung Perak, pelabuhan Ketapang dan pelabuhan Gilimanuk, terlebih lagi saat Lebaran. Karenanya, perlu disiagakan personel rescuer beserta peralatan SAR yang siap memberikan bantuan jika terjadi musibah laut yang tidak diinginkan. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
23 June 19:00 WIB