Banjir, 40 KK di Desa Oneha Dievakuasi


KOLAKA- Tim Rescue Pos SAR Kolaka, Kantor SAR Kendari bersama dengan unsur SAR lainnya mengevakuasi 40 Kepala Keluara (KK) warga Desa Oneha, Kecamatan Tangketada, Kabupaten Kolaka menuju lokasi yang lebih aman. Evakuasi dilakukan karena Desa mereka terrendam banjir setinggi 1,5 meter pada hari Kamis (11/01/2017). Evakuasi tersebut dilakukan setelah pada Pukul 23.50 WIB Kantor SAR Kendari menerima info dari Angggota SAR Universitas Sembilan November Kolaka, Wiro Suprapto bahwa ada benvana banjir di Desa Oneha, Kecamatan Tangketada, Kabupaten Kolaka. Ia menginfokan bahwa banjir terjadi beberapa saat yang lalu dengan ketinggian air 1,5 meter.

Mendapatkan info tersebut pada Pukul 24.00 WIB Kantor SAR Kendari mengirimkan Tim Rescue Pos SAR Kolaka menuju lokasi kejadian. Mereka berangkat dengan menggunakan Rescue CAR dengan membawa peralatan SAR air serta alat pendukung keselamatan. Tim tiba pada Pukul 01.00 WIB dan langsung melakukan evakuasi. Evakuasi dilakukan hingga pagi hari, sementara hujan terus turun. Pagi itu Tim Rescue Pos SAR Kolaka bersama dengan unsur SAR berhasil mengevakuasi 40 KK menuju tempat yang lebih aman. Meski tidak melakukan evakuasi lagi pada Jumat (12/01) Tim SAR Gabungan tetap siaga di lokasi kejadian, karena hujan terus turun. Unsur SAR yang terlibat dalam operasi ini di antaranya; Babinsa Tangketada, Polsek Tangketada, PMI Kolaka dan SAR USN Kolaka.

Genangan air mulai surut pada Pukul 09.00 WIB. Dengan kondisi tersebut dan tidak adanya korban jiwa maka Operasi SAR Banjir di Desa Oneha dinyatakan selesai dan ditutup. Tim Rescue Pos SAR Kolaka dan unsur SAR lainnya dikembalikan kesatuannya masing-masing. xna



Kategori Bencana Nasional .
Pengunggah : hamazi
12 January 19:58 WIB