Bahrul, Korban Tenggelam di Bengawan Solo Akhirnya Ditemukan


Gresik – M Bahrul Mustofa (18), seorang pemuda asal Tambak Langon, kota Surabaya yang tenggelam di Bengawan Solo, kabupaten Gresik, pada Sabtu (19/1) sekitar pukul 09.30 WIB, ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Heni Setiawati mengatakan, korban ditemukan setelah tim SAR gabungan melakukan penyisiran selama dua jam di hari kelima pencarian, lokasinya berada pada koordinat 7° 2' 43,65" S 112° 35' 39,30" E.

Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, beberapa pihak ikut dalam upaya pencarian korban, diantaranya dari Satpolair Gresik, BPBD Gresik, SAR MTA, SAR Surabaya, MDMC Gresik, ORARI, Pokwasmas Gresik dan SAR Mahameru.

Para personel dari berbagai instansi / organisasi potensi SAR tersebut dibagi ke dalam SRU (Search and Rescue Unit) air dan darat. SRU air bertugas melakukan pencarian korban di sungai dengan menggunakan perahu karet baik di sisi kanan dan sisi kiri sungai.

Saat melakukan pencarian di sungai, SRU air melakukan manuver perahu karet untuk menciptakan gelombang air yang besar. Tujuannya adalah agar korban yang diduga berada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan.

Sementara itu di saat yang bersamaan, SRU darat juga melakukan pencarian dengan mengamati di sejumlah titik. SRU darat juga menyebarkan informasi tentang kejadian ini ke warga sekitar, dengan maksud jika mereka melihat tanda–tanda keberadaan korban, maka memberitahukan kepada petugas.

Menurut informasi dari saksi mata, kejadian yang dialami korban berawal saat sepeda motor yang dikendarainya ditabrak oleh mobil pick up dari arah belakang saat melintas di jembatan Sembayat, pada Rabu (15/1) sekitar pukul 11.00 WIB. Akibatnya, motor yang dikendarainya oleng dan tertabrak lagi oleh mobil Fortuner dari arah berlawanan hingga korban terpental dan jatuh ke sungai. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
19 January 19:31 WIB