Apriliano, Korban Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan


Bojonegoro – Seorang anak laki-laki, Apriliano (7), asal desa Ledok Kulon, RT 01 RW 02 kabupaten Bojonegoro, berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal, pada Sabtu (11/6) pukul 01.35 WIB. Tim SAR gabungan menemukan jenazah korban dalam kondisi mengapung di sungai, lokasinya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi tenggelamnya korban.

“Tim rescuer Kantor SAR Surabaya bersama unsur SAR gabungan dari Polsek Bojonegoro, BPBD kabupaten Bojonegoro dan dibantu warga setempat, telah melakukan upaya pencarian sejak korban dilaporkan telah tenggelam di Bengawan Solo, pada Jum’at (10/6) pukul 16.10 WIB,” ujar Ainul Makhdin, koordinator lapangan tim rescuer Kantor SAR Surabaya.

Dalam upaya pencarian ini, lanjut Ainul, tim SAR gabungan membagi personelnya dalam dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU Pertama melakukan pengamatan di sepanjang tepi sungai untuk mencari tanda-tanda keberadaan korban. Sementara itu, SRU kedua melakukan penyisiran di sepanjang aliran sungai dengan menggunakan perahu karet.

Pencarian di sungai dilakukan dengan manuver perahu karet, dengan tujuan untuk menciptakan gelombang air agar korban yang diduga berada di dasar sungai, dapat terangkat ke permukaan. Tapi hingga hari menjelang petang, upaya pencarian oleh tim SAR gabungan belum membuahkan hasil.

“Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan keberadaan korban setelah mendapatkan laporan dari warga yang melihat sesosok mayat yang mengapung di sungai, tidak jauh dari lokasi tenggelamnya korban,” ungkap Ainul.

Setelah memastikan bahwa mayat yang ditemukan warga tersebut adalah benar Aprilio, maka tim SAR gabungan segera mengevakuasinya. Atas permintaan pihak keluarga, selanjutnya jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka untuk dilakukan perawatan jenazah sebelum dimakamkan.

Berdasarkan informasi dari warga di lokasi kejadian, bahwa korban diduga terpeleset di lokasi saat bermain di tepi Bengawan Solo. Korban yang tidak dapat berenang, seketika itu tidak dapat menyelamatkan diri hingga akhirnya tenggelam. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
11 June 12:36 WIB