Abdul Aziz, Korban Tenggelam di Kali Jagir Ditemukan


Surabaya – Abdul Aziz (14) siswa kelas VII SMPN 25 Surabaya ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal di Kali Jagir, kecamatan Wonokromo, kota Surabaya, pada Minggu (10/7) pukul 15.20 WIB. Sebelumnya, Aziz diketahui tenggelam saat berupaya untuk menolong tiga orang temannya yang tenggelam di Kali Jagir. {READMORE}

Koordinator lapangan tim rescuer Kantor SAR Surabaya, Johan Saptadi mengatakan, sebelumnya tim SAR gabungan yang terdiri dari Kantor SAR Surabaya, Linmas, Satpolair Polda Jatim, Satpol PP, TAGANA, PMI dan PMK kota Surabaya, telah melakukan upaya pencarian sejak korban dilaporkan tenggelam pada pukul 11.30 WIB.

“Personel tim SAR gabungan yang terbagi dalam dua SRU, melakukan dua metode pencarian, yaitu melakukan pengamatan di tepi Kali Jagir untuk mencari tanda-tanda visual keberadaan korban serta melakukan penyisiran di sungai dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin motor tempel,” kata Johan.

Dalam upaya penyisiran di sungai, lanjut Johan, tim SAR gabungan melakukan manuver perahu karet yaitu gerakan memutar dan gerakan zig-zag. Manuver ini dilakukan dengan tujuan untuk menimbulkan gelombang air agar korban yang diduga berada di dasar sungai, dapat terangkat ke permukaan.

“Setelah upaya pengamatan dan penyisiran sungai belum membuahkan hasil, kemudian tim SAR gabungan mengerahkan personel dari Kantor SAR Surabaya dan Satlak PB kota Surabaya, untuk melakukan penyelaman di bawah sungai guna mencari keberadaan korban. Jenazah korban akhirnya berhasil ditemukan di dasar sungai, sekitar 10 meter dari lokasi musibah,” ungkap Johan.

Setelah berhasil dievakuasi dari sungai, selanjutnya jenazah Aziz dibawa menuju ke ruang perawatan jenazah RSUD dr Soetomo Surabaya untuk dilakukan visum luar oleh petugas sebelum diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Menurut informasi dari saksi mata di lokasi kejadian, musibah yang menimpa Aziz ini berawal saat Aziz bersama lima temannya, yaitu Yogi, Ahmad Sauqi, Freddy, Rika dan Putri, bermain di sekitar pintu air Kali Jagir, sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah bermain, Aziz, Yogi, Ahmad dan Freddy mandi di tepi Kali Jagir.

Beberapa saat setelah mandi, Yogi, Ahmad dan Freddy, tenggelam karena mereka tidak dapat berenang. Aziz pun kemudian berupaya menyelamatkan nyawa ketiga temannya tersebut. Namun naas bagi Aziz, diduga akibat kelelahan setelah berhasil menolong ketiga temannya, Aziz terseret arus Kali Jagir dan akhirnya tenggelam. (Lib)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author