383 Penumpang KMP Prathita IV Dievakuasi ke Gilimanuk


Banyuwangi – Sebanyak 383 orang penumpang KMP (Kapal Motor Penyeberangan) Prathita IV berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat, pada Sabtu (2/2) pukul 08.00 WIB. Ada 173 orang dewasa dan 210 orang anak-anak dievakuasi oleh tim SAR gabungan ke pelabuhan penyeberangan Gilimanuk, Bali.

Selain membawa 383 orang penumpang, KMP Prathita IV juga membawa muatan 1 unit sepeda motor, 5 unit kendaraan kecil, 4 unit truk mini, 2 unit truk sedang, 2 unit bus sedang dan 6 unit bus besar.

"Proses evakuasi para penumpang KMP Prathita IV berlangsung selama sekitar tiga jam ini berlangsung dengan lancar dan aman, meski di tengah kondisi arus laut dan angin di perairan selat Bali yang cukup kencang," ungkap Risky Putra, Koordinator Pos Siaga SAR Banyuwangi.

Evakuasi 383 orang penumpang KMP Prathita IV berlangsung dalam lima tahap. Tahap pertama hingga ketiga, tim SAR berhasil mengevakuasi msing-masing sebanyak 76 orang penumpang. Tahap keempat, sebanyak 78 orang penumpang berhasil dievakuasi. Dan tahap kelima, tim SAR berhasil mengevakuasi sebanyak 77 orang penumpang.

"Setelah seluruh penumpang KMP Prathita IV berhasil dievakuasi, selanjutnya mereka dikumpulkan di satu titik untuk dilakukan pendataan dan pemeriksaan kondisi medis oleh petugas," tambah Risky.

Keberhasilan upaya evakuasi para penumpang KMP Prathita IV ini berkat kerjasama yang baik antara unsur SAR gabungan, diantaranya Pos SAR Jembrana, Pos Siaga SAR Banyuwangi, Satpolair Banyuwangi, Pos AL Jembrana, Polsek Jembrana, Koramil Jembrana dan KPLP Gilimanuk.

Berdasarkan informasi dari Nahkoda, KMP Prathita IV mengalami insiden kandas di perairan laut selat Bali, tepatnya pada koordinat 08° 09' 56,4" S 114° 26' 21" E, pada Sabtu (2/2) pukul 02.05 WIB. Kapal yang mengangkut 383 orang penumpang dan 20 unit kendaraan ini sama sekali tidak dapat bergeraks etelah bagian lunasnya tersangkut ke dasar laut.

Hingga berita ini dikabarkan, posisi KMP Prathita IV berhasil sandar di pelabuhan LCM Gilimanuk dengan aman. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
2 February 10:15 WIB