100 Perawat di Malang Belajar Navigasi Darat


Malang – Sebanyak 100 orang perawat yang tergabung dalam Malang Nurse Emergency Disaster menerima penyampaian materi Navigasi Darat, pada Jum’at (26/4), dari tim Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember.

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso mengatakan, materi Navigasi darat ini penting diberikan sebab menjadi bagian dari kesatuan program pelatihan Disaster Nursing Management atau manajemen keperawatan dalam bencana.

Asnawi menambahkan, dalam penanggulangan bencana, tentu didahului oleh proses assenment atau mencari lokasi terdampak bencana. Disinilah peran penting kemampuan navigasi dalam melakukan orientasi medan, seperti menentukan titik koordinat lokasi.

“Kemampuan navigasi darat sanga berguna bagi para perawat yang berkecimpung di penanggulangan bencana ini, khususnya untuk mencegah terjadinya disorientasi medan bila suatu saat mereka tersesat di hutan,”ujar Asnawi.

Sebelum berkenalan dengan materi navigasi darat, para peserta pelatihan terlebih dahulu dikenalkan dengan sejarah berdirinya Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau yang familiar dengan singkatan BASARNAS.

Jenis-jenis peta, baik peta rupa bumi ataupun peta topografi, merupakan materi per-tama yang dipelajari oleh para peserta. Mereka belajar cara membaca garis, derajat, kontur dan hal-hal lain yang terdapat dalam peta tersebut.

Setelah cukup mengenal jenis peta, tim instruktur Pos SAR Jember mengenalkan jenis kompas yang biasa digunakan dalam praktek navigasi darat, berikut dengan bagaimana cara menggunakannya.

Materi selanjutnya yang dipelajari para peserta, yaitu tehnik melakukan navugasi darat, dimana para peserta melakukan orientasi medan dengan menggunakan sejumlah peralatan, seperti peta, kompas, protaktor, jangka dan busur.

Setelah mengikuti dan memahami pelatihan navigasi darat ini, diharapkan kelak para peserta memperkirakan atau menentukan tempat kedudukan setepat mungkin dengan cara mengamati, mempelajari, mengenali keadaan sekitar selama perjalanan dilakukan. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
26 April 12:45 WIB